Pengaruh Lingkungan Belajar Dalam Keluarga dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di MTs Nurul Islam Lubuk Gaung

  • Mimin Yulia Riska Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
Keywords: Lingkungan Belajar Dalam Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Kemandirian Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh lingkungan belajar dalam keluarga
terhadap kemandirian belajar siswa di MTS Nurul Islam Lubuk Gaung (2) Pengaruh
kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar siswa di MTS Nurul Islam Lubuk Gaung (3)
Pengaruh lingkungan belajar dalam keluarga dan kedisiplinan siswa secara serentak terhadap
kemandirian belajar siswa di MTS Nurul Islam Lubuk Gaung. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTS Nurul Islam Lubuk
Gaung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII,VIII,IX yang berjumlah 149 0rang.
Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji
normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi
berganda dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian ini : (1) Terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar dalam keluarga terhadap
kemandirian belajar siswa di MTS Nurul Islam Lubuk Gaung. (2) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar siswa di MTS Nurul
Islam Lubuk Gaung. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar dalam
keluarga dan kedisiplinan siswa secara serentak terhadap kemandirian belajar siswa di MTS
Nurul Islam Lubuk Gaung.

Published
2021-03-31