-
Jurnal WibawaVol 5 No 2 (2025)
Jurnal WIBAWA Vol. 5 No. 2 memuat kajian akademik yang mendalam mengenai berbagai aspek manajemen. Artikel-artikel dalam edisi ini mencakup analisis manajemen pembinaan karakter santri di pesantren salafiyah, Setiap penelitian menggunakan metode ilmiah yang relevan, baik kualitatif maupun kuantitatif, dengan hasil yang memberikan wawasan baru bagi akademisi dan praktisi di bidangnya.
-
Jurnal WibawaVol 5 No 1 (2025)
Edisi terbaru jurnal ini menghadirkan berbagai kajian inovatif dalam bidang pendidikan Islam dan manajemen pendidikan yang mencerminkan dinamika serta tantangan di era digital. Artikel tentang implementasi instrumen tes berbasis soal objektif di SMPIT Al-Hasan Madani Riau menyoroti efektivitas evaluasi pembelajaran PAI, sementara kajian optimalisasi manajemen sumber daya manusia di SD Muhammadiyah 02 Bendan membahas strategi peningkatan mutu pendidikan. Isu internalisasi nilai moderasi beragama melalui tunjuk ajar Melayu memberikan perspektif kultural dalam memperkuat harmoni sosial di masyarakat pesisir Selat Melaka. Selanjutnya, evaluasi pendekatan diferensiasi dalam perencanaan pendidikan Islam di MTs Thawalib Daruh Huda Rao-Rao mempertimbangkan keberagaman siswa sebagai faktor utama dalam penyusunan kurikulum. Peran kepemimpinan kolegial kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 4 Pasuruan menyoroti strategi kepemimpinan yang efektif dalam membangun karakter peserta didik. Kajian pendekatan kontemporer HRM dalam mendukung perencanaan dan pengembangan karir pendidik serta tenaga kependidikan di era digital menawarkan wawasan terkini dalam manajemen pendidikan. Terakhir, analisis manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK PGRI 2 Pasuruan serta tahap perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SDIT An-Nadzir Payakumbuh menjadi sorotan utama dalam edisi ini, memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan berbasis karakter dan nilai-nilai keislaman.
-
Jurnal Wibawa
Vol 4 No 1 (2024)Edisi ini mengulas peran kepemimpinan pendidikan dalam meningkatkan kualitas peserta didik abad ke-21, urgensi manajemen dalam optimalisasi tata kelola lembaga pendidikan Islam, serta dampak pelayanan administrasi dan kinerja dosen terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini mengeksplorasi efektivitas konseling realitas dalam mitigasi perilaku bullying serta penerapan sistem informasi manajemen dalam mendukung pengambilan keputusan strategis. Dengan pendekatan metodologis yang komprehensif, publikasi ini menjadi referensi akademik yang berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan Islam.
-
Jurnal Wibawa
Vol 4 No 2 (2024)Jurnal WIBAWA Vol. 4 No. 2 Tahun 2024 memuat penelitian tentang inovasi pendidikan, psikologi, dan kepemimpinan. Edisi ini membahas efektivitas role-playing dalam meningkatkan keterampilan siswa, layanan informasi karir untuk perencanaan masa depan, serta dampak stigma teman sebaya terhadap hubungan interpersonal. Selain itu, kajian mengenai kesehatan mental menunjukkan pengaruhnya terhadap hasil belajar, sementara bimbingan kelompok dan konseling realitas terbukti efektif dalam menangani perilaku konformitas dan bullying. Kepemimpinan pendidikan yang inovatif juga dikupas sebagai faktor penting dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Jurnal ini menjadi referensi akademik bagi pendidik dan peneliti dalam pengembangan strategi pendidikan yang lebih baik.
-
Jurnal Wibawa
Vol 3 No 1 (2023)Jurnal wibawa adalah jurnal tentang manajemen dan pendidikan islam, terbitan ini mengangkat tema tentang penerapan tata tertib sekolah dan motivasi kepala sekolah terhadap prilaku belajar, pengaruh supervise kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru, pengaruh kemampuan mengajar guru dan motivasi guru terhadap hasil belajar, pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap perilaku sosial siswa.
-
Wibawa Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 2 No 2 (2022)Jurnal Wibawa adalah jurnal tentang Manajemen dan Pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal ini membahas tentang komunikasi interpersonal Guru, kepedulian orang tua, pemahaman tematik pendidikan karakter, media pembelajaran , kreativitas guru ,kedisiplinan, minat, terhadap hasil belajar siswa. Jurnal ini akan meningkatkan frekuensi penerbitan sebanyak 2 edisi dalam satu volume, Tim editor menyambut baik setiap mahakarya tulisan dan kontribusi dari peneliti dan cendikiawan dari banyak disiplin ilmu.